Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan Kenapa Rasa Syukur Penting untuk Kesuksesan Kariermu

Dalam menjalani kehidupan ini, kita tentu perlu bersyukur. Gak hanya saat mendapatkan rezeki, namun juga ketika kita diterpa cobaan. Rasa syukur akan membuat hati siapapun menjadi lebih tenang dan hidup pun menjadi tentram.

5 Alasan Kenapa Rasa Syukur Penting untuk Kesuksesan Kariermu

Buat kamu yang sudah bekerja atau meniti karier, kamu juga perlu menanamkan rasa syukur. Meskipun ada hal yang gak kamu sukai dari pekerjaanmu saat ini, kamu harus tetap bersyukur karena rasa syukur tersebut dapat membawa manfaat untuk kariermu di masa mendatang. Berikut ini lima alasan kenapa rasa syukur penting dan bermanfaat untuk kesuksesan kariermu.

 

1. Menciptakan suasana hati positif

 

Dengan bersyukur, perasaan positif akan menyelimuti diri kita. Kita akan memandang segala sesuatu dari sudut pandang positif dan bahkan mengambil hikmah atau hal baik dari setiap kejadian buruk sekalipun. Semakin banyak dan sering kita bersyukur, tentu akan semakin besar perasaan positif pada diri kita.

 

Bila kita mengerjakan tugas kantor dengan pikiran positif, tentu hasilnya akan lebih memuaskan. Pikiran positif juga akan membuat kita gak mudah mengeluh atau menyerah saat mendapatkan cobaan terberat sekalipun. Hal tersebut tentu dapat meningkatkan kinerja dan bermanfaat untuk kesuksesan karier kita.

 

2. Memotivasi kita saat malas bekerja

 

Dalam bekerja, ada kalanya kita merasa sangat bersemangat dan termotivasi. Namun ada juga masa di mana kita menjadi malas, entah karena jenuh, stuck, atau bahkan benci dengan pekerjaan kita saat ini. Bila kita mau bersyukur, ketika diterpa rasa malas, otak akan bisa kembali mengingat bahwa gak semua orang bisa memiliki pekerjaan seperti kita. Kita pun akan tetap semangat dalam bekerja.

 

3. Rasa syukur membuat kita punya lebih banyak waktu dan tenaga untuk mengembangkan diri

 

Dengan bersyukur, berarti kita gak membuang-buang waktu dan tenaga untuk mengeluh atau membandingkan pekerjaan atau prestasi kita dengan orang lain. Sebaliknya, kita bisa memanfaatkan waktu dan tenaga kita untuk terus mengembangkan kualitas diri, misalnya dengan belajar skill baru atau mengembangkan skill lama.

 

Dengan kualitas diri kita yang semakin meningkat dari waktu ke waktu, hal tersebut tentu akan berdampak positif bagi perkembangan karier kita. Dengan begitu, bersyukur menjadi salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan di masa mendatang.

 

4. Rasa syukur juga bisa membuat kita lebih mudah menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi

 

Saat kita bersyukur, maka kita akan terhindar dari berbagai pikiran negatif dan sikap mudah mengeluh. Mood kita pun lebih stabil. Karena itu, otak kita pun dapat berpikir dengan lebih jernih. Pikiran jernih akan lebih memudahkan kita dalam menemukan solusi atau membuat keputusan yang tepat untuk setiap permasalahan yang kita hadapi. Hal tersebut tentu akan sangat berguna dalam dunia kerja karena kita akan selalu menemui masalah yang butuh solusi konkret. Karena itu, banyak-banyak bersyukur agar pikiran kita jernih, ya!

 

5. Meningkatkan kreativitas

 

Rasa syukur juga bisa bikin kita jauh lebih kreatif, lho. Mood yang lebih stabil dan pikiran jernih akan mengantarkan kita pada berbagai imajinasi dan sudut pandang yang gak pernah terpikirkan sebelumnya. Kreativitas semacam itu tentu bisa jadi nilai tambah bagi pekerjaan kita. Gak hanya bermanfaat untuk pekerjaan saat ini, tapi juga untuk perkembangan karier di masa mendatang. Hal ini karena semakin banyak jenis pekerjaan yang menuntut kreativitas kita. Karena itu, jangan pernah berhenti bersyukur agar kita bisa tetap kreatif, ya!

 

Nah, itulah lima alasan mengapa sikap bersyukur bermanfaat bagi perkembangan karier kita. Pada akhirnya, semuanya akan kembali lagi kepada diri kita. Apakah kita ingin menjadi pribadi yang lebih baik dengan selalu bersyukur? Atau, apakah kita ingin terus mengeluh dan membandingkan diri kita dengan kehidupan orang lain?