5 Kebiasaan Penyebab AC Tidak Dingin yang Harus Dihindari - Kiliedro

Breaking

Senin, Agustus 03, 2020

5 Kebiasaan Penyebab AC Tidak Dingin yang Harus Dihindari

Ada berbagai masalah yang bisa menyebabkan AC tidak dingin. Sekalipun AC biasa dirawat dan di-service, tidak menutup kemungkinan masalah lain akan timbul lagi. Salah satunya adalah dari kebiasaan yang Anda lakukan. Oleh karena itu, kenali beberapa kebiasaan berikut ini agar Anda bisa memahami dan tidak mengulangi kebiasaan itu yang menyebabkan kerusakan.

1. Sering Memainkan Remote AC

Pada umumnya, urusan yang satu ini sering dilakukan oleh anak-anak. Anak-anak akan mencoba menirukan apa yang Anda lakukan sebagai orangtua saat menyalakan AC menggunakan remote. Apabila remote AC tergeletak sembarangan, anak bisa menjadikan remote AC tersebut sebagai mainan karena rasa penasaran dan keingintahuannya.
AC Tidak DIngin
Oleh karena itu, apabila Anda telah menyalakan AC dengan segera mungkin masukkan dan sembunyikan remote tersebut. Simpan dalam tempat yang aman yang sekiranya tidak bisa dijangkau oleh anak-anak. Jika anak-anak sudah mendapatkan dan memainkannya, maka pengaturan AC akan berubah. Hal ini bisa menyebabkan banyak perubahan yang menyebabkan tidak dinginnya AC.

2. Sering Membuka Jendela atau Pintu

Kebiasaan berikutnya adalah membiarkan pintu atau jendela terbuka begitu saja. Apabila ruangan tersebut dibiarkan saja, ruangan tersebut tidak akan mendapatkan udara dingin dari AC.
Selain itu, hal ini akan membuat udara luar masuk ke dalam ruangan. Apabila sudah begini, semakin memperburuk kinerja dari AC itu sendiri. Secara tidak langsung, mesin AC akan bekerja lebih keras dari biasanya dari pengaturan yang telah diset sebelumnya.

Hal ini dikarenakan suhu dingin dari AC akan bertemu dengan suhu dari udara luar. Inilah yang menyebabkan ruangan menjadi tidak dingin. Bisa jadi, Anda yang tidak mengetahui hal ini akan mengira bahwasannya AC Anda telah rusak yang menandakan tidak bekerjanya AC untuk menghasilkan udara dingin. Oleh karena itu, perhatikan kebiasaan ini.

3. Tidak Memperhatikan Kapasitas AC dengan Luas Ruangan

Berikutnya adalah Anda tidak memperhatikan kapasitas AC dengan ruangan. Pasalnya hal ini akan berpengaruh pada suhu dingin yang akan dihasilkan oleh AC. Sekalipun Anda nantinya akan memanggil tukang service AC, merawatnya setiap bulan, menambahkan freon untuk mendinginkan ruangan selalu, semuanya tidak akan bertahan lama. Memang karena ini dikarenakan penempatan kapasitas AC yang tidak tepat dan menyebabkan AC tidak dingin.

Ada baiknya, sebelum membeli AC, Anda lakukan pengukuran terlebih dahulu terhadap ruangan yang akan dipasang AC. Misalnya saja ruangan Anda memiliki ukuran 3 meter x 3 meter, Anda bisa pasang AC dengan ukuran ½ PK.

Adapun PK adalah akronim dari Paard Kracht. Ini adalah satuan pada ukuran kapasitas AC. Jangan lupa juga untuk mempertimbangakan kondisi suhu panas di dalam ruangan tersebut agar Anda bisa memilih kapasitas AC yang tepat.

4. Jarang Mengecek Freon

Selanjutnya adalah Anda harus membiasakan dengan cara mengecek freon. Anda bisa memanggil tukang service setidaknya sebulan sekali untuk memeriksanya. Dengan begitu, AC Anda tetap terasa dingin terus. Apabila AC hendak berkurang kinerjanya, Anda bisa langsung menyiasati dan mencegah AC lebih parah bahkan mencegah kerusakan bagian lainnya.

5. Jarang Mengecek Kompresor

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah mengecek kompresor AC. Apabila kompresor sudah melebihi dari batas normal, Anda harus berhati-hati. Oleh karena itu, Anda bisa mengeceknya menggunakan tang ampere atau clamp meter untuk mengukur ampere pada kompresornya.

Caranya Anda tinggal menjepitkan rahang tang ampere ke bagian kedua kabel ( – ) dan kabel ( + ) pada kabel kiriman di Outdoor. Apabila Anda tidak yakin, Anda bisa memanggil tukang service.
Nah itulah beberapa informasi mengenai kebiasaan-kebiasaan yang menyebabkan AC tidak dingin. Mulai dari sekarang, cobalah untuk membiasakan kebiasaan baru yang dapat membantu menjaga kinerja AC Anda sendiri. Dengan begitu, masa pakai dari AC Anda bisa bertahan lama.