7 Tips Sebelum Membeli Perhiasan Berlian

Aksesori jadi hal penting bagi banyak perempuan, sebagai pelengkap penampilan bahkan hingga yang jadi koleksi. Nah, bila Anda berpikir untuk melakukan pembelian perhiasan berharga yang lebih mahal untuk naik kelas dari koleksi aksesori sehari-hari, ini beberapa tips sebelum membeli perhiasan berlian pertama untuk Anda:

1. Cek bujet

Ini yang akan saya tanyakan pertama, berapa bujet Anda? Karena harganya yang cenderung mahal, baiknya Anda sudah punya dana dalam jumlah tertentu. Saya tidak akan menyarankan Anda melakukan pembelian perhiasan dengan cara berutang. Lebih baik menabung di awal untuk dana beli perhiasan Anda, daripada membeli dulu kemudian bayar cicilannya setelah pembelian. Mau membeli perhiasan berharga mahal boleh saja, tapi jangan malah mengganggu cash flow Anda.

2. Lakukan window shopping

Sebelum membeli, baiknya lengkapi referensi Anda dengan melihat-lihat berbagai opsi yang tersedia. Window shopping secara online maupun datang langsung ke butiknya. Dengan begini, Anda bisa tahu bujet yang diperlukan dan model yang diinginkan setelah punya cukup referensi.

3. Pilih tipe perhiasaan

Pilih jenis perhiasan yang Anda sukai, apakah lebih senang memakai anting atau kalung atau gelang. Mubazir kan, membayar mahal untuk sebuah gelang berlian yang cantik padahal Anda tidak suka pakai gelang.

Tentukan juga, mau perhiasan yang bisa dipakai sehari-hari atau yang hanya dipakai untuk acara spesial? Tanyakan kepada diri Anda, mau membeli yang mana? Mungkin akan lebih praktis dan lebih worth it bila membeli perhiasan yang bisa Anda pakai sehari-hari dibandingkan yang hanya dipakai saat pesta (yang juga jarang-jarang)

4. Pilih model dan bahan yang timeless

Model perhiasan juga berubah-ubah, pilih model dan bahan yang terlihat klasik dan timeless, tak lekang zaman meski dipakai hingga puluhan tahun ke depan. Material seperti berlian dan emas atau platinum bisa jadi pilihan.

5. Kenali kualitas

Sama-sama emas atau berlian pun kualitasnya ada banyak pilihan. Bila ingin membeli emas, Anda harus tentukan berat dan jumlah karat serta warna yang diinginkan, yellow, white, atau rose gold. Sementara untuk berlian Anda pun harus paham standar kualitas 4C, Carat (besaran ukuran), Clarity (tingkat kejernihan), Cut (potongan bentuk berlian), Color (warna berlian). Beda kualitas berarti beda harga, jadi agar tidak salah beli, pelajari dulu kualitas perhiasan yang Anda inginkan.

6. Ingat bahwa perhiasan bukan investasi

Tidak seperti membeli emas murni 24 karat dalam bentuk koin atau batang, membeli perhiasan tidak sama dengan investasi. Bila bisa dijual kembali pun, akan ada potongan harga yang signifikan, bahkan beberapa model dan jenis tidak bisa dijual kembali. Jadi, membeli perhiasan berharga itu untuk dipakai ya, bukan sebagai investasi.

7. Beli offline dan cek kredibilitas toko

Semuanya memang serba online, tetapi untuk pembelian perhiasan berharga mahal, apalagi pertama kali, saya sarankan Anda melakukannya secara offline, di tokonya langsung untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Cek juga kredibilitas toko/butik yang Anda tuju.

Mondial, salah satu brand perhiasan premium di Indonesia baru saja meluncurkan koleksi terbarunya, Mondial Dreams. Dikenal sebagai brand premium, kali ini Mondial Dreams hadir untuk para perempuan urban yang aktif, para penyuka perhiasan berlian yang mencari model perhiasan mewah, simple, dinamis, dan fashionable.

Temukan berbagai model cincin, earcuff, bangle, dan collar necklace dari Mondial Dreams untuk jadi opsi saat hunting perhiasaan berharga pertama Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Tips Sebelum Membeli Perhiasan Berlian"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel