Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Merawat Kulit Kering yang Mesti Dihindari Agar Senantiasa Sehat

Kulit kering menjadi satu masalah kulit yang dipusingkan wanita. Wajar saja karena kalau terlalu kering, kulit akan kelihatan seperti sisik ular. Makeup juga gampang nge-crack. Gak nyaman banget, 'kan? Gak heran kalau si pemilik kulit kering rela ngeluarin banyak uang untuk beli pelembap terampuh guna menutrisi kulit.

5 Cara Merawat Kulit Kering

Tapi, ya, memperhatikan produk saja gak cukup. Kamu juga harus betul-betul perhatikan cara merawatnya karena gak bisa asal, lho! Agar kulit keringmu terlihat sehat, lakukan cara merawat kulit kering berikut ini.

 

1. Hindari yang namanya over exfoliate

 

Exfoliate boleh, tapi jangan terlalu sering karena ini membuat kulitmu semakin kering. Kamu juga harus lebih hati-hati memilih eksfoliator. Seperti dilansir dari Healthline, ada baiknya hindari chemical exfoliator karena ini bikin kulit kering dan iritasi.

 

Selain AHA, pastikan eksfoliator mengandung Glycolic Acid karena kandungan ini baik untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Aplikasikan selama 30 detik, cuci wajah sampai bersih, lalu aplikasikan skincare seperti biasa.

 

2. Beralih ke heavy moisturizer

 

Berhubung karena kondisi kulitmu kering, sebaiknya gunakan pelembap yang teksturnya lebih berat agar kulit kelihatan lembap. Kamu bisa pilih moisturizer yang teksturnya berupa krim karena ini lebih berat daripada yang gel.  Jangan lupa kandungannya, ya! Pastikan mengandung antioksidan karena kandungan ini bagus untuk memperbaiki tekstur kulit. Kalau perlu pakai facial oil juga agar kelembapan kulit semakin maksimal.

 

3. Jangan kelamaan mencuci muka

 

Perlakukan lah kulit keringmu dengan baik, seperti saat mencuci muka. Sebisa mungkin jangan kelamaan karena ini dapat membuat kulit menjadi iritasi. Seperti yang kamu tahu, kandungan sabun pada pencuci muka kurang baik untuk kulit.

 

American Academy of Dermatology Association menyarankan agar kamu segera mengaplikasikan pelembap setelah mencuci muka. Kalau mau pakai toner, serum, atau booster juga boleh, tapi pada saat kulit masih lembap, ya.

 

4. Gunakan produk kecantikan yang kadar pH-nya sesuai

 

Kulit mempunyai pH yang skalanya 0-14. Dan kadar pH pada setiap produk yang disarankan adalah antara 4 dan 7 untuk mendapatkan kulit yang sehat, seperti dikatakan Paula's Choice dalam situs resminya. Sedangkan untuk produk yang pH-nya di atas atau di bawah range tersebut, Paula mengatakan akan lebih rentan pada kerusakan.  Untuk produk pembersih, pilih yang kadar pH-nya 4.5-7, toner 5-7, serum 4-6, dan pelembap 5-7. Dengan begini, kulit keringmu akan jauh dari berbagai masalah kulit lainnya.

 

5. Pastikan kandungan skincare-mu fragrance free

 

Produk yang ada kandungan parfum biasanya lebih enak dicium, lebih calming gitu. Sayangnya, produk ini gak disarankan untuk pemilik kulit kering dan sensitif. American Academy of Dermatology Association mengatakan bahwa produk dengan kandungan parfum dapat membuat kulit iritasi.

 

Pastikan sebelum membeli skincare, lihat tabel ingredients-nya terlebih dahulu. Atau cek daftar kandungannya dari situs Cosdna supaya kamu tahu apakah kandungannya itu parfum, emolien, sulfat, paraben, alkohol, atau yang lain. Merawat kulit memang gak boleh sembarangan, harus teliti. Kalau gak, dampaknya langsung pada wajah sendiri. Jangan karena malas, wajahmu yang jadi korban.